Warung Bebas
kc17

Kamis, 26 Januari 2012

Istilah-Istilah dalam Blog

Blog adalah sarana online buat para penggemarnya untuk mengekspresikan dirinya. Jaman ini telah banyak orang-orang yang sudah mempunyai blog sendiri. Apalagi saat ini dengan hadirnya situs-situs penyedia blog gratis, seperti Blogspot.com, wordpress.com, dan masih banyak lagi penyedia aplikasi ini. Namun tanpa disadari bahwa dalam dunia blogging itu banyak sekali istilah-istilah yang belum kita ketahui. Maka dari situlah berangkan, tulisan ini saya terbitkan untuk mengetahui istilah-istilah apa yang sering dan mungkin jarang kita dengar. Nah tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas satu persatu.

  1. Adsense. Periklanan online yang dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para Blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di blog mereka. stiap kali orang/atau pengunjung mengklik teks iklan Google Adsense, maka si pemilik blog akan mendapatkan sejumlah komisi. Selain dari Google, Adsense lokal pun tidak kalah pentingnya. 
  2.  Affiliate Marketing. Affiliasi, sebuah cara yang dangat populer untuk mendapatkan uang dari internet di mana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.
  3. RSS. Merupakan format web feed yang ditulis dalam format XML (eXtensible Marup Language) digunakan untuk menginformasi kan suatu konten digital yang sering di Update, seperti Blog, News feed, atau podcast.
  4. Adwords. Kebalikan dari Adsense. Adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per Click (CPC). seorang pemasang iklan harus menentukan kata kunci yang hendak dibidik nya dan berapa harga yang bisa ia berikan untuk setiap iklannya. Iklan Adwords bisa muncul di halaman hasil pencarian Google maupun di Unit iklan Adsense di situs atau blog yang mengikuti program Adsense. 
  5. Alexa. Sebuah perusahaan online (milik Amazon.com) yang memantau traffic semua situs di internet. sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet.
  6. SEO (Search Engine Optimizer). Yaitu cara-cara melakukan optimasi artikel web blog agar mudah ditemukan oleh berbagai search engine seperti google, yahoo, bing, ask dan masih banyak search engine llainnya.
  7. Hits. Jumlah pengunjung blog yang bisa dihitung berdasarkan IP atau ID unik.
  8. Atom. Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.
  9. Blogversiting. Kegiatan adversiting di dalam blog.
  10. Clix merupakan komunitas online dalam blog.
  11. Blogroll. Merupakan daftar link yang berada dalam sebuah blog. 
  12. Multi-Blog untuk membuat dan mengelola blog secara bersama-sama atau lebih dikenal dengan konsep author.
  13. Post. Adalah artikel yang ditulis dalam sebuah halaman web blog yang memiliki judul artikel dan badan teks sebagai penjelasannya.
  14. URL. Singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah alamat sebuah artikel dimana alamat tersebut menunjukkan letak artikel yang tersimpan didalam sebuah web server.
  15. Sitemap adalah merupakan peta sebuah situs yang menampilkan url artikel, kategori, tag dalam web blog tersebut sehingga mempermudah pengunjung untuk menelusuri web blog yang dikunjungi. Sitemap in sangat penting dalam SEO.
  16. Tag didalam dunia blogger dikenal sebagai kata kunci yang menggambarkan garis besar dari isi sebuah artikel yang ditulis dalam web blog. Tag juga penting untuk SEO agar mudah dikenal olehj Search Engine.
  17. Publish atau publikasi yaitu suatu cara mengirimkan tulisan atau artikel ke webserver untuk ditampilkan di halaman web blog. Publish dilakukan apabila artikel yang ditulis sudah merupakan artikel yang final atau sudah selesai ditulis dan dikirim ke webserver.
  18. Widget adalah komponen web blog yang dapat digunakan dengan cara menempelkan/memasang komponen yang sudah disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka memperidah web blog dan juga untuk kebutuhan SEO.
  19. Permalink adalah format pengaturan URL untuk sebuah artikel atau halaman web blog yang tersimpan di dalam web server. Pada blog wordpress permalink ini diatur sedemikian rupa sehingga menjadikan blog wordpress menjadi lebi SEO friendly.
Istilah-istilah di atas belum seberapa, dibanding instilah yang terdapat dalam blog. Tetapi karena rasanya saya sudah mulai  cape, jadi saya istirahat dulu yah sobat blogger. Kita ketemu lagi di lain waktu. Hehehe
demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. Thank's (Jkt/2012)

    0 komentar em “Istilah-Istilah dalam Blog”

    Posting Komentar

    Adversite

     

    YHS Rider_Community Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger